Tips Diet untuk Ibu Menyusui

diet untuk ibu menyusui

Diet untuk ibu menyusui yang aman dan direkomendasikan oleh dokter tanpa harus khawatir dengan kebutuhan gizi untuk sikecil. Banyak ibu yang seletah proses persalinan untuk segera melakukan program diet. Ya wajar saja setiap wanita setelah persalinan biasanya mengalami peningkatan berat badan. Nah berikut ini adalah beberapa tips untuk anda agar bisa menjalani program diet tanpa harus khawatir dengan kebutuhan gizi dan perkembangan si kecil.diet untuk ibu menyusui

 

Yang pertama adalah anda harus mengutamakan pola makan yang sehat dan mengandung karbohidrat, berbagai sayuran dan buah buahan, makanan yang mengandung protein dan juga susu segar dan asli bukan susu kental manis ya bund 🙂

Lalu jenis makanan apa aja yang dianjurkan? Simak baik baik ya bunda 🙂

Beras Merah.
Dalam kandungan beras merah dapat menyediakan banyak kalori dan juga mendukung untuk mendukung produksi asi untuk si kecil.

Kacang dan Biji-bijan
Kacang dan biji bijan sebagai sumber protein nabati yang juga kaya akan zat besi terutama pilihlah kacang yang berwarna gelap seperti kacang merah dll.

Buah Buahan
Pada saat masih menyusui minimal anda mengkonsumsi buah buahan atau jus buah sebanyak 2 kali sehari. Pilihlah buah yang banyak mengandung vitamin C dan mineral.

Sayuran
Aneka sayuran hijau yang banyak mengandung vitamin A dan C juga mengandung banyak zat besi juga kalsium sangat bagus untuk bayi dan ibu. Selain itu sayuran hijau juga mengandung antioksidan dan rendah kalori.

Roti Gandum dan juga biji bijan
Karena roti gandum dan biji bijian m,engandung asam folat merupakan nutrisi penting untuk kebutuhan memproduksi ASI. Dalam roti dan biji bijan ini juga mengandung serat yang tinggi dan zat besi.

Telur dan Daging Tanpa Lemak
Kandungan zat besi, protein dan vitamin B12 yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh pada saat menyusui.

Ikan Salmon
Ikan samlon dengan banyak mengandung DHA yang penting untuk pertumbuhan sistem saraf bayi, sekaligus sumber energi yang baik untuk ibu.

Lalu berapa kalori yang dibutuhkan untuk ibu menyusui? Yaitu ada tambahan 400-500 kalori dibandingkan dengan wanita yang sedang tidak menyusui. Dan itupun akan berbeda beda tergantung dari frekuensi bayi menyusu, berat badan juga metabolisme tubuh dan itensitas olahraga,

Karena Ibu menyusui akan cepat sekali laparnya, maka yang terpenting dari ibu menyusui adalah terpenuhinya kebutuhan cairan dalam tubuh. Selain air putih anda juga bisa dapatkan cairan dari buah atau jus buah. Anda pun masih diperbolehkan mengkonsumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi, namun itu harus dibatasi yaitu maksimal 2 cangkir perharinya.

Lalu berapa KG yang dapat diturunkan saat menjalani diet untuk ibu menyusui?
Tidak banyak yang diturunkan rata-rata 1/2kg per minggunya dan ini masih dibilang aman karena anda sedang menyusui. Dan anda bisa melakukan olahraga yang lebih jika sudah memasuki 6-8 minggu setelah melahirkan,

Dan dengan cara ini anda dapat menurunkan berat badan dengan bertahap dan konsisten dengan tanpa mengurangi produksi asi untuk si kecil. Jadi ibu sehat dan bayinya pun sehat.

Jika Anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, konsultasikan dengan dengan kami mengenai kemungkinan waktu memulai proses penurunan berat badan lebih cepat dan aman, Kami akan bantu dan dampingi sampai anda berhasil. Bersama program diet WM 90 anda bisa melakukan diet tanpa harus kehilangan nutrisi untuk si kecil.

Karena jika anda melakukan diet tanpa ada pendampingan dari pakarnya, dikhawatirkan akan berdampak kepada sikecil.
Bergabunglah bersama kami di program dietWM90
INFO DAN KONSULTASI
WA 085226050451

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *